CANTIK ALA BARBIE BARENG BEAUTIESQUAD

Holaaa, balik lagi nih kolaborasi di bulan Maret bersama temen-temen Beautiesquad. Dan temanya adalaaahh... BARBIE!!! Waktu baca tema ini duh rasanya seneng banget. Belum pernah kepikiran sama sekali buat bikin makeup look ala Barbie.



Saya yakin sebagian besar orang di dunia ini menyukai Barbie, dan penggemarnya juga bukan lagi anak-anak saja, tapi juga remaja, orang dewasa, perempuan dan bahkan juga laki-laki. Termasuk saya juga tentunya yang bahkan sampai sekarang masih mengoleksi Barbie. Malah beberapa kolektor di Indonesia yang saya tau (tapi nggak kenal-kenal amat sih wkwkwkwk) sangat menyukai boneka cantik ini dan suka membuat kreasi baju maupun makeup pada boneka (yang memiliki istilah "repaint" Barbie). Jadi mereka sengaja mengubah bentuk Barbie hasil pabrikannya menjadi Barbie yang mereka inginkan, entah dirubah bentuk rambut bahkan juga sampai diganti dengan rambut baru, menjahit baju Barbie, bahkan mengubah makeup yang ada di wajah Barbie menjadi lebih kekinian atau menyerupai pemiliknya. Oh ya, mereka juga memiliki komunitas dan biasanya ada event-event yang memfasilitasi mereka buat unjuk gigi menampilkan koleksi Barbie yang sudah mereka modifikasi.

Oh ya, tahukah kamu bahwa boneka Barbie ditemukan oleh seorang wanita bernama Ruth Handler pada tahun 1959. Awalnya beliau melihat putrinya yang sangat menyukai permainan boneka kertas (kalau di Indonesia biasa disebut BP kertas atau Barbie Paper). Ruth melihat sang anak begitu asyik bermain karakter menggunakan boneka kertas tersebut. Hal itu yang  menjadi inspirasi Ruth membuat boneka yang bisa memfasilitasi anak-anak memainkannya dan mempresentasikan karakter serta jiwa mereka. Ruth dan suaminya (co founder Mattel Creations yang sudah ada sejak 1945) bersama dengan Mattel akhirnya memperkenalkan Barbie di pasaran. Nama Barbie sendiri diambil dari nama putri Ruth, yaitu Barbara. Boneka ini sangat berbeda dengan boneka-boneka menyerupai bayi yang sedang populer saat itu. Barbie dibuat dengan bentuk tubuh orang dewasa.

Sebetulnya desain boneka Barbie juga bukan merupakan original pemikiran Ruth. Jadi ketika ia dan keluarganya sedang melakukan perjalanan ke Swiss, Ruth melihat boneka yang sangat digemari, boneka Bild Lilli buatan Jerman. Lebih tepatnya sih, Barbara yang tertarik awalnya melihat boneka Lilli tersebut. Menariknya, disana boneka Bild Lilli bukan diperuntukkan bagi anak-anak, melainkan hanya sebagai koleksi orang dewasa, sebab Bild Lilli sesungguhnya dibuat berdasarkan karakter komik dewasa bernama Lilli.

Boneka Bild Lilli
Ruth pun membeli tiga buah boneka Bild Lilli dari sana. Dan setelah melakukan beberapa modifikasi, jadilah desain boneka Barbie. Setelah meluncurkan Barbie pertamanya di tahun 1959, tak lama kemudian mereka membuat pacar Barbie yang bernama Ken, dan lagi-lagi nama Ken juga terinspirasi dari nama putra mereka. Begitulah ceritanya...

Boneka Barbie dan Ken
Barbie pertama yang mereka buat memiliki nama lengkap Barbie Millicet Roberts. Ia berasal dari Willows, Wisconsin. Pekerjaannya adalah sebagai model fashion remaja. Akan tetapi, Barbie pun dibuat makin beragam dan diproduksi dalam berbagai macam versi dan juga pekerjaan berbeda. Nah, berikut ini adalah perkembangan wajah Barbie dari masa ke masa.

Barbie tahun 1959 - 1994

Barbie tahun 1995 - 2015
Saat ini, Barbie didesain kembali dalam berbagai macam bentuk tubuh. Hal ini dilatar belakangi oleh banyaknya kritikan yang datang dikarenakan bentuk tubuh Barbie dinilai terlalu kurus dan tidak sehat, terutama untuk perempuan. Sehingga pada tahun 2016, Mattel sebagai produsen boneka Barbie, mendesain empat macam bentuk tubuh boneka cantik ini yaitu "Original, Tall, Petite, dan Curvy". Bila kita melihat bentuk tubuh "Curvy" (Barbie berambut biru), maka kita bisa melihat bahwa bentuk tubuh boneka ini mewakili ukuran tubuh yang lebih realistis pada perempuan.
Barbie dengan bentuk tubuh Original, Tall, Petite, dan Curvy
Selain menambahkan tiga bentuk tubuh, Mattel juga membuat tujuh warna kulit, dua puluh dua warna mata, dua puluh empat model rambut, dan juga trend fashion serta aksesoris yang tak terhingga jumlahnya. Hal ini dimaksudkan agar seluruh perempuan di dunia bisa menemukan boneka Barbie yang mewakili diri mereka masing-masing.

Dari semua jenis tubuh Barbie, saya paling suka seri Fashionistas dan Made to Move yang bisa membuat kita mengkreasikan berbagai macam gaya, sebab untuk siku, tangan, lutut dan telapak kaki bisa digerakkan layaknya orang dewasa. Sedangkan wajah, saya menyukai hampir semua seri Barbie yang pernah ada.

Oke, kembali lagi ke topik utama. Seperti yang sudah saya sebut di awal, kali ini bersama dengan temen-temen dari Beautiesquad, saya membuat makeup look bertema Barbie. Nah, makeup look saya kali ini terinspirasi dari sebuah vintage barbie yang cantik yaitu "Barbie 10 Years Tribute Silkstone Fashion Model Gold Label 2010".


credit pic to uploader
Entah kenapa saya suka sekali dengan wajah-wajah Barbie Silkstone. Wajahnya anggun dan tampilannya sangat berkelas, ditambah lagi ada tahi lalat yang manis di bawah mata kirinya. Udah macam noble princess gitu lah ya, hihihiii...

Yah, walaupun dengan segala keterbatasan yang saya miliki, akhirnya saya memberanikan diri untuk mengadaptasi makeup Barbie ini, hihihi... 

Produk yang saya gunakan antara lain :

FACE 
PAC liquid foundation no 03
Pixy stick foundation
Maybelline fit me concealer no 15 Fair Clair
Wardah loose powder no 01 Light Beige

Maybelline All In One Clear Smooth powder cake "Natural"

BLUSH, BRONZER, HIGHLIGHT
Catrice Sun Glow Matt bronzing powder
Emina pressed powder Violet Berry
City Color ombre "Pink Opal"

EYES and BROWS 
Implora eyebrow pencil "Brown"

Focallure eyebrow powder No. 2
Mizzu eyeliner pen 
Maybelline Hyper Matte liquid liner 
Beauty Creations "Elsa palette"
Beauty Creations "Tease Me palette"
LIPS
Meika Cosmetic lipstick Matte shade "Angel"



Berhubung saya berhijab, jadi saya pakai kerudung berwarna kuning keemasan alih-alih rambut Barbie yang berwarna senada seperti contoh, hehehe... Dan tak lupa tahi lalat kecil di bawah mata kiri. Close enough lah ya (iyain aja deh XDD). Sedangkan makeup dari temen-temen Beautiesquad yang lain bisa dilihat di bawah ini.




Gimana, unik-unik ya makeupnya, dan ga cuma makeup look yang cantik aja loh, hehehe.. contohnya ada nih makeup look karya kak Judith Cholya yang nuansanya wow wowww, ganaaaasssssss... Kalian bisa langsung mengunjungi blognya untuk mengetahui bagaimana dia bisa bikin Barbie makeup yang kayak gini.



Oke, sekian dulu ya.
Sampai jumpa lagi di tulisan saya selanjutnya.
Ciaoooo...


====================================

Follow Me
IG : @Cherly_Mae
Youtube : Cherly Mae

Comments

  1. Cut creasenya 😍😍😍😍😍. Kenapa ya aku kalo bikin cutcreas bisa sejam terus gak sama gedenya 😅😅😅.

    Btw, itu tahi lalatnya udah noble banget kok 😁😁😁😉. Udah plek ketiplek juga looknya sama kaya berbi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga biasanya bikin cut crease lebih bagus yg kiri drpd yg kanan mbk 😂😂😂 .

      Delete
  2. Cucok cyyynttt
    Lipstick nya so barbie. Syukak

    ReplyDelete
  3. Sukak sama perpaduan warna eyeshadownyaaa 😍

    ReplyDelete
  4. abis baca blog ini aku baru tau kalo barbie juga ada transformasinya xD kirain mukanya gitu gitu aja dari dulu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkk, sudah berubah dari masa ke masa 😁😁

      Delete
  5. Barbie in blue...malah keinget elsa frozen yaaaaa 😍

    ReplyDelete
  6. Wah, suka bgt warna birunya, biasanya kan barbie identik sama pink :)

    radenayublog.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hihiii, padahal Barbie juga macemnya banyak loh kak. . Kalo yg jenis vintage repro gini, eyelooknya lebih beragam daripada yang biasa 😁😁

      Delete
  7. Wah iniiii cut creasenya kereeeen aku sukaaa

    ReplyDelete
  8. Nice info cintaaaahhh~
    Gorjes look btw.. Jadi pengen recreateeeeeee, boleh kaaaannn???

    www.nadiahasyir.com

    ReplyDelete
  9. Info nya baru tau banget akuuuuu, aku fikir barbie gitu terus dari dulu

    www.winyangeline.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii. Iyahhhh.. Dia sudah berubahhh dari masa ke masa

      Delete
  10. Really love it!
    Bisa persis banget gituuu <3

    www.deniathly.com

    ReplyDelete
  11. Wah, selain makeup looknya bagus banget. Postingan ini juga banyak infonya. Aku seru sendiri nih ngeliatin transformasi wajah barbie dari tahun ke tahun.

    -www.jurnalmadamabi.com-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii, makasihh.. Iya beda banget ya muka barbie dari awal ampe sekarang

      Delete
  12. Ini barbie unik warna birunya keren hihi

    ReplyDelete
  13. Sirly mah emang juaranya cut crease 👍👍 nice blogpost btw.. jadi tau sejarahnya barbie 😂✌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii.. Jadi pada tau sejarahnya barbie 😆😆 btw makasihhhhh 😳😳

      Delete

Post a Comment

Popular Posts