Review PAC Liquid Foundation C03

Hai, happy banget dapat kesempatan dari tim Yuk Cobain buat review liquid foundation dari PAC yang merupakan brand kosmetik dekoratif premium dari Martha Tilaar. Perlu diketahui kalau liquid foundation dari PAC ini memiliki empat shade, sedangkan yang saya coba adalah shadenya yang ketiga yaitu C03.



Untuk penampakan produknya, warna boxnya didominasi warna hitam yang hampir sama dengan produk lokal sejenis. Di setiap sisi terdapat beragam informasi mulai dari nama, komposisi produk, fungsi dan juga cara penggunaan produk, serta tanggal kadaluarsa. dan dibagian bawah box terdapat nomor shadenya. 


Botolnya juga standar terbuat dari kaca bening yang kokoh dengan pump warna putih yang terbuat dari plastik ringan. Yang saya kurang suka hanya warna pump putihnya, karena bahannya bisa dibuat lebih bagus sebab terlihat agak ringkih, selebihnya oke. Liquid foundation ini memang tidak memiliki tutup, tapi pump putihnya bisa diputar untuk menutup dan mengeluarkan isi foundationnya. Cukup praktis dengan body yang terbilang sedang, tidak kecil namun juga tidak gemuk. 

Memilih shade foundation itu sebetulnya susah-susah gampang, apalagi warna kulit saya agak kemerahan dan agak berbeda dengan warna kulit tangan yang cenderung agak kuning. Sedangkan shade foundation ini kali ini awalnya terlihat cenderung lebih gelap. Tapi saat dicoba ternyata memang agak lebih gelap sih (haha), tapi cukup mendekati warna kulit saya. 

Cara menggunakan produk ini, kocok-kocok terlebih dahulu, kemudian putar pump putih untuk membuka fitur locknya dan keluarkan secukupnya. Kalau saya biasanya mengeluarkan 2-3 kali pumping. Kemudian usapkan foundation di beberapa titik di area wajah, dan blend menggunakan brush atau sponge blender. Saya pribadi lebih suka menggunakan sponge blender karena hasilnya lebih halus dan lebih mudah untuk digunakan. 


Liquid foundation dari PAC ini memiliki aroma yang khas seperti produk Martha Tilaar lainnya, dan menurut saya cukup wangi. Tapi setelah diaplikasikan ke wajahnya, aromanya tidak terlalu tercium. Teksturnya lebih kental dan ketika diaplikasikan ke wajah lebih cepat menyatu. Biasanya, foundation yang teksturnya lebih cair yang pernah saya coba pasti akan hilang atau meninggalkan jejak jari saat tersentuh. Tapi foundation PAC ini tetap pada tempatnya walaupun tersentuh jari sekalipun setelah menyatu dengan baik dengan kulit. Dan karena sifatnya yang lebih cepat menyatu itulah, sebaiknya sesegera mungkin langsung diblend ke seluruh wajah. Untuk coveragenya light to medium, dan di wajah saya bisa menyamarkan noda-noda kemerahan serta bekas jerawat ringan, dan masih bisa dibuild up lagi. Sedangkan untuk noda jerawat berat, sebaiknya tetap menggunakan concealer.

Saya sudah mencoba selama beberapa hari dan mengetes baik di indoor maupun outdoor. Dan saya sangat sangat sangat suka dengan produk ini. Saya memiliki tipe kulit normal dan oily khusus di area T (dahi dan hidung). Saya pernah memakai foundation premium lokal yang bisa dibilang selevel dengan produk ini, namun biasanya area T saya pasti akan terlihat oily selama beberapa jam kemudian. Tapi foundation PAC ini memberikan hasil yang lebih baik. Untuk penggunaan indoor, sisi kanan kiri hidung saya baru agak berminyak setelah tiga jam namun itu pun tidak terlalu parah, sedangkan area dahi dan pipi masih tetap kering padahal biasanya dalam rentang waktu itu area hidung saya berminyak seluruhnya dan juga dagu serta dahi. Ketahanan foundation ini cukup baik menurut saya, bisa sampai 8-10 jam untuk indoor dan maksimal sekitar 4-6 jam untuk outdoor.



Ada hal yang menarik yang sebetulnya membuat saya agak bingung. Jadi ketika saat pertama kali memakai foundation ini, dia bisa menyatu dengan baik dengan concealer lain (produk non PAC) yang saya aplikasikan di area T dan bawah mata, dan menghasilkan tampilan yang flawless. Tapi ketika penggunaan selanjutnya (sekitar 3-4 kali setelah pemakaian pertama), di area hidung saya yang cenderung oily, foundation dan concealer yang biasa saya gunakan ini seperti tidak bisa menyatu dengan baik. Padahal di area bawah mata yang juga saya aplikasikan concealer, hasilnya masih tetap bagus. Entah karena faktor "oily" atau hal lainnya yang masih menjadi misteri bagi saya (hehehe) sehingga hasilnya jadi berbeda. Namun saat di area hidung tidak saya tambahkan concealer melainkan hanya foundation saja, hasilnya malah tetap bagus dan tidak ada tanda-tanda kalau foundation saya rusak karena area hidung yang berminyak. Jadi untuk penggunaan selanjutnya, saya mengeliminasi penambahan concealer khusus di area hidung saja.

Oh ya, foundation PAC ini tidak membuat wajah saya jerawatan atau breakout. Mungkin karena produk ini diklaim memiliki kandungan yang ringan sehingga bisa digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Selain itu kandungan antioksidan, sunscreen agent, dan ekstrak Chamomile-nya juga dapat melindungi kulit wajah.


Setelah mencoba produk ini, saya merasa puas dengan hasilnya. Apalagi kemampuannya menahan minyak di kulit saya juga cukup baik. Apakah saya akan membeli produk ini? Jawaban saya adalah YESSS. Bila kalian memiliki budget lebih untuk foundation, tidak ada salahnya mencoba produk dari PAC ini. Di website official Martha Tilaar, liquid foundation PAC ini dibrandol dengan harga 
Rp 160.000 saja.

Tertarik untuk mencoba?



===================================================================

FOLLOW ME :
Instagram : @cherly_mae 
Youtube : Cherly Mae




Comments

Popular Posts