Movie Review "SAIRAT (2016)"

Sebenernya saya cuma iseng download film ini karena penasaran melihat rating IMDb nya bagus yaitu 8,5. Saya tidak punya ekspektasi apapun karena melihat wajah di posternya tidak saya kenal. Dan ternyata film ini bukan film hindi saudara-saudara, tapi film Marathi wkwkwkwk (Film India tapi bukan berbahasa Hindi melainkan bahasa Marathi). Pantesan pemainnya punya wajah-wajah "India banget", non blasteran khas film bollywood.


Film dengan durasi nyaris 3 jam ini dirilis pada 29 April 2016, dan merupakan film Marathi dengan rating tertinggi di IMDb. Jadi makin penasaran kan apa istimewanya film ini, kenapa sampai super hit banget?
Oke, langsung saja. 
Film ini sebetulnya memiliki formula khas jaman dulu banget. Yaitu seorang pemuda miskin, Prashant Kale alias Parshya (Akash Thosar) yang mencintai gadis dari keluarga terpandang di desanya, Archana Patil alias Archi (Rinku Rajguru). Karena perbedaan kasta, hubungan keduanya ditentang. Namun kerena keduanya saling mencintai, Archi nekat mengajak Parshya lari dari desa mereka ke tempat yang jauh agar cinta mereka tidak terpisahkan. Namun hidup di tempat yang tidak mereka kenal sama sekali bukanlah yang mudah. Apakah keduanya mampu bertahan hidup di kota besar yang penuh dengan kesulitan? Apakah Archi tahan meninggalkan segala kenyamanan dan kemewahan yang selama ini didapatnya? Apakah orang-orang dari ayah Archi berhasil menemukan keberadaan mereka? Semuanya bisa terjawab bila kalian menonton sendiri film Sairat.
Selama satu jam pertama menurut saya film ini agak membosankan karena sang sutradara dan penulis script berusaha untuk membangun chemistry yang kuat antara dua tokoh utama. Namun setelah itu, ketegangan demi ketegangan menaikkan emosi penonton. Dan menurut saya, mereka semua berhasil menjungkirbalikkan perasaan penonton hingga sampai ke akhir film. Saking jungkir baliknya, saya sampe bengong ketika layar berubah hitam dan ending credit mulai naik. Ingin sekali mengetahui apakah film ini ada sequel keduanya atau tidak. SALUTTT dan tepuk tangan untuk sutradara serta penulis skenario dan semuanya deh pokoknya. Yep, sebagus itu.


Btw, saking bagusnya film ini, Sairat akan diremake ke dalam versi Kannada, Telugu, Hindi, Punjabi, Malayalam dan Tamil. Untuk versi Hindinya, Sairat yang judulnya dirubah menjadi DHADAK akan segera rilis pada pertengahan tahun 2018. Saya tidak sabar untuk melihat versi hindinya.

Comments

Popular Posts